Minggu, 05 November 2017

ASUHAN KEPERWATAN ANAK DENGAN BLBR

Tags

ASUHAN KEPERWATAN ANAK DENGAN BLBR


Ingat, Makalah yang kami share hanya sebagai bentuk referensi saja. Silahkan cari referensi dari sumber lainnya.
 Download Klink Di Sini


BAB I

PENDAHULUAN


A.    Latar belakang
Bayi lahir dengan berat lahir rendah (BBLR) merupakan masalah kesehatan yang sering dialami pada sebahagian masyarakat yang ditandai dengan berat lahir kurang dari 2500 gram. Kejadian BBLR pada dasarnya berhubungan dengan kurangnya pemenuhan nutrisi pada masa kehamilan ibu dan hal ini berhubungan dengan banyak faktor dan lebih utama pada masalah perekonomian keluarga sehingga pemenuhan kebutuhan konsumsi makanan pun kurang. Namun kejadian BBLR juga dapat terjadi tidak hanya karena aspek perekonomian, dimana kejadian BBLR dapat saja tejadi pada mereka dengan status perekonomian yang cukup. Hal ini dapat berkaitan dengan paritas, jarak kelahiran, kadar hemoglobin dan pemanfaatan pelayanan antenatal. BBLR termasuk faktor utama dalam peningkatan mortalitas, morbiditas dan diabilitas neonatus, bayi dan anak serta memberikan dampak jangka panjang terhadap kehidupannya di masadepan.
BBLR yang tidak ditangani dengan baik dapat mengakibatkan timbulnya masalah pada semua sistem organ tubuh meliputi gangguan pada pernafasan (aspirasi mekonium, asfiksia neonatorum), gangguan pada sistem pencernaan (lambung kecil), gangguan sistem perkemihan (ginjal belum sempurna), gangguan sistem persyarafan (respon rangsangan lambat). Selain itu bayi berat lahir rendah dapat mengalami gangguan mental dan fisik serta tumbuh kembang. BBLR berkaitan dengan tingginya angka kematian bayi dan balita, juga dapat berdampak serius pada kualitas generasi mendatang, yaitu akan memperlambat pertumbuhan dan perkembangan anak, serta berpengaruh pada penurunan kecerdasan.
Bayi yang lahir dengan berat lahir rendah (BBLR) memerlukan perawatan yang tepat agar tidak terjadi hal-hal yang membahayakan bayi seperti yang telah disebutkan diatas. Bidan dan perawat adalah bagian dari pemberi pelayanan yang ikut berperan penting dalam memberikan perawatan pada bayi dengan berat lahir rendah (BBLR). Perkembangan bayi dengan BBLR yang dirawat di RS ini sangat tergantung pada ketepatan tindakan yang dilakukan oleh tenaga kesehatan.Oleh karena itu penulis tertarik membahas tentang kasus BBLR pada bayi NY. “U” yang akan penulis bahas pada BAB berikutnya.

B.     Tujuan
1.    Tujuan Umum
Untuk mendapatkan gambaran dan mampu menerapkan Asuhan keperawatan melalui pendekatan proses keperawatan pada masalah bayi berat lahir rendah.
2.    Tujuan Khusus
a.       Mampu melakukan pengkajian keperawatan secara tepat pada bayi dengan berat badan lahir rendah
b.      Mampu merumuskan diagnosa keperawatan sesuai dengan prioritas masalah pada bayi dengan berat badan lahir rendah
c.       Mampu merumuskan perencanaan asuhan secara tepat pada bayi dengan berat badan lahir rendah sesuai dengan hasil pengkajian prioritas masalah keperawatan dan mampu melaksanakan asuhan keperawatan sehingga dapat mengatasi masalah yang  dihadapi pada bayi dengan berat badan lahir rendah
d.      Mampu melakukan evaluasi terhadap tingkat keberhasilan pemberian asuhan keperawatan pada bayi dengan bayi berat badan lahir rendah
e.       Mampu mendokumentasikan asuhan keperawatan pada bayi dengan berat badan lahir rendah.


C.    Sistematika Pembuatan Makalah
Untuk lebih sistematis dan terarah maka sistematika penulisan makalah ini terdiri dari enam bab yaitu
1.      BAB I       : PENDAHULUAN, yang meliputi latar belakang masalah, tujuan   penulisan, dan sistematika penulisan makalah.
2.      BAB II      : KONSEP DASAR, meliputi konsep dasar teoritis yang terdiri dari pengertian, klasifikasi, etiologi, patofisiologi, tanda / gejala-gejala, komplikasi, penatalaksanaan dan pemeriksaan diagnostik serta konsep dasar asuhan keperawatan yang meliputi : pengkajian, diagnosa, intervensi, implementasi dan evaluasi.
3.      BAB III    : TINJAUAN KASUS, yang meliputi pengkajian, diagnosa keperawatan, pelaksanaan dan evaluasi asuhan keperawatan.
4.      BAB IV    : PEMBAHASAN, menguraikan tentang permasalahan dan kesenjangan antara tinjauan teoritis pada bab II dan tinjauan kasus pada bab III.
5.      BAB V      : PENUTUP, meliputi kesimpulan dan saran-saran yang berhubungan dengan asuhan keperawatan pada bayi dengan masalah Bayi Berat Lahir Rendah .
6.      DAFTAR PUSTAKA, meliputi literatur buku yang menjadi landasan teori dan terdiri dari beberapa literature yang mutakhir dalam 10 tahun terakhir



BAB II

KONSEP TEORI


A.    Definisi
Bayiberat badan lahir rendah (BBLR) ialah bayi baru lahir yang BB < 2.500 gram (sampai dengan 2.499 gram). BBLR dapt dibagi menjadi 2 golongan :
1.      Prematur murni
Masa gestasi kurang dari 37 minggu dan BB sesuai dengan berat badan untuk masa gestasi itu atau biasa disebut neonatus kurang bulan sesuai untuk masa kehamilan.
2.      Dismaturitas
Bayi lahir dengan BB kurang dari BB seharusnya untuk masa gestasi itu, berarti bayi mengalami retardasi pertumbuhan intra uterin dan merupakan bayi yang kecil untuk masa kehamilannya.
(Indrasanto, 2008)

B.     Etiologi
1.      Faktor Ibu
a.       Penyakit, penyakit yang berhubungan langsung dengan pasien misalnya perdarahan antepartum, trauma fisik dan psikologis, DM, toksemia gravidarum, dan nefritis akut.
b.      Usia ibu, angka kejadian prematuritas tertinggi ialah pada usia < 20 tahun, dan multi gravida yang jarak kelahiran terlalu dekat. Kejadian terendah ialah pada usia antara 26-35 tahun.
c.       Keadaan sosial ekonomi, keadaan ini sangat berperan terhadap timbulnya prematuritas. Kejadian tertinggi teradapat pada golongan social ekonomi rendah. Hal ini disebabkan oleh keadaan gizi yang kurang baik dan pengawasan antenatal yang kurang. Demikian pula kejadian prematuritas pada bayi yang lahir dari perkawinan yang tidak sah, ternyata lebih tinggi bila dibandingakan dengan bayi yang lahir perkawinan yang sah.
d.      Sebab lain, karena ibu merokok, ibu peminum alkohol dan pecandu obat narkotik.
2.      Faktor Janin
Faktor janin diantaranya hidramnion, kehamilan ganda dan kelainan kromosom
3.      Faktor Lingkungan
Faktor lingkungan di antaranya tempat tinggal di dataran tinggi radiasi dan zat-zat tertentu.
(Suryadi dan Yuliani, 2006 )

C.    Patofisiologi
            Secara umum bayi BBLR ini berhubungan dengan usia kehamilan yang belum cukup bulan (prematur) disamping itu juga disebabkan dismaturitas. Artinya bayi lahir cukup bulan (usia kehamilan 38 minggu), tapi berat badan (BB) lahirnya lebih kecil ketimbang masa kehamilannya, yaitu tidak mencapai 2.500 gram. Biasanya hal ini terjadi karena adanya gangguan pertumbuhan bayi sewaktu dalam kandungan yang disebabkan oleh penyakit ibu seperti adanya kelainan plasenta, infeksi, hipertensi dan keadaan-keadaan lain yang menyebabkan suplai makanan ke bayi jadi berkurang.
Gizi yang baik diperlukan  seorang ibu hamil agar pertumbuhan janin tidak mengalami hambatan, dan selanjutnya akan melahirkan bayi dengan berat normal.  Dengan kondisi kesehatan yang baik, sistem reproduksi normal, tidak menderita sakit, dan tidak ada gangguan gizi pada masa pra hamil maupun saat hamil, ibu akan melahirkan bayi lebih besar dan lebih sehat daripada ibu dengan kondisi kehamilan yang sebaliknya.  Ibu dengan kondisi kurang gizi kronis pada masa hamil sering melahirkan bayi BBLR, vitalitas yang rendah dan kematian yang tinggi, terlebih lagi bila ibu menderita anemia.
Sistem pernapasan pada dasarnya cenderung kurang berkembang pada bayi prematur. Kapasitas vital dan kapasitas residual fungsional paru-paru pada dasarnyakecil berkaitan dengan ukuran bayi. Sebagai akibatnya sindrom gawat napas sering merupakan penyebab umum kematian. Masalah besar lainnya pada bayi premature adalah pencernaan dan absorpsi makanan yang inadekuat. Bila prematuritas bayilebih dari dua bulan, system pencernaan dan absorpsi hampir selalu inadekuat. Absorpsi lemak juga sangat buruk sehingga bayi premature harus menjalani diet rendah lemak. Lebih jauh lagi, bayi premature memiliki kesulitan dalam absorpsi kalsium yang tidak lazim dan oleh karena itu dapat mengalami rikets yang berat sebelum kesulitan tersebut dikenali. Imaturitas organ lain yang sering menyebabkan kesulitan yang berat pada bayi premature meliputi system imun yang menyebabkan daya tahan tubuh terhadap infeksi berkurang karena rendahnya kadar IgG gamma globulin, serta bayi premature relatif belum sanggup membentuk antibody dan daya fagositosis serta reaksi terhadap peradangan masih belum baik sehingga bayi premature beresiko mengalami infeksi, system integumen dimana jaringan kulit masih tipis dan rawan terjadinya lecet, system termoregulasi dimana bayi premature belum mampu mempertahankan suhu tubuh yang normal akibat penguapan yang bertambah karena kurangnya jaringan lemak di bawah kulit dan pusat pengaturan suhu yang belum berfungsi sebagaimana mestinya sehingga beresiko mengalami hipotermi atau kehilangan panas dalam tubuh
(Ngastiyah, 2005)

A.    Pathways
 































B.     Manifestasi Klinis
Gambaran klinis BBLR secara umum adalah :
1.         Berat kurang dari 2500 gram
2.         Panjang kurang dari 45 cm
3.         Lingkar dada kurang dari 30 cm
4.         Lingkar kepala kurang dari 33 cm
5.         Umur kehamilan kurang dari 37 minggu
6.         Kepala lebih besar
7.         Kulit tipis, transparan, rambut lanugo banyak, lemak kurang
8.         Otot hipotonik lemah
9.         Pernapasan tak teratur dapat terjadi apnea
10.     Eksremitas : paha abduksi, sendi lutut / kaki fleksi-lurus
11.     Kepala tidak mampu tegak
12.     Pernapasan 40 – 50 kali / menit
13.     Nadi 100 – 140 kali / menit
(Prawirohardjo. 2005)
C.    Pemeriksaan Penunjang
1.      Pemeriksaan glucose darah terhadap hipoglikemia
2.      Pemantauan gas darah sesuai kebutuhan
3.      Titer Torch sesuai indikasi
4.      Pemeriksaan kromosom sesuai indikasi
5.      Pemantauan elektrolit
6.      Pemeriksaan sinar X sesuai kebutuhan ( missal : foto thorax )
(Ngastiyah, 2005)

D.    Komplikasi
Menurut  (Potter, 2005) komplikasi pada masa awal bayi berat lahir rendah antara lain yaitu :
1.         Hipotermia.
2.         Hipoglikemia.
3.         Gangguan cairan dan elektrolit.
4.         Hiperbilirubinemia.
5.         Sindroma gawat nafas (asfiksia).
6.         Paten suktus arteriosus.
7.         Infeksi.
8.         Perdarahan intraventrikuler.
9.         Apnea of prematuruty.
10.     Anemia
Komplikasi pada masa berikutnya yaitu :
1.         Gangguan perkembangan.
2.         Gangguan pertumbuhan.
3.         Gangguan penglihatan (retionopati).
4.         Gangguan pendengaran.
5.         Penyakit paru kronis.
6.         Kenaikan angka kesakitan dan sering masuk rumah sakit.
7.         Kenaikan frekuensi kelainan bawaan.

E.     Penatalaksanaan
Menurut Prawirohardjo (2005), penanganan bayi dengan berat badan lahir rendah adalah sebagai berikut :
1.      Penanganan bayi
Semakin kecil bayi dan semakin premature bayi, maka semakin besar perawatan yang diperlukan, karena kemungkinan terjadi serangan sianosis lebih besar. Semua perawatan bayi harus dilakukan didalam incubator
2.      Pelestarian suhu tubuh
Bayi dengan berat lahir rendah, mempunyai kesulitan dalam mempertahankan suhu tubuh. Bayi akan berkembang secara memuaskan, asal suhu rectal dipertahankan antara 35,50 C s/d 370 C.
Bayi berat rendah harus diasuh dalam suatu suhu lingkungan dimana suhu normal tubuhnya dipertahankan dengan usaha metabolic yang minimal. Bayi berat rendah yang dirawat dalam suatu tempat tidur terbuka, juga memerlukan pengendalian lingkungan secara seksama. Suhu perawatan harus diatas 25 0 C, bagi bayi yang berat sekitar 2000 gram, dan sampai 300 C untuk bayi dengan berat kurang dari 2000 gram
3.      Inkubator
Bayi dengan berat badan lahir rendah, dirawat didalam incubator. Prosedur perawatan dapat dilakukan melalui “jendela“ atau “lengan baju“. Sebelum memasukkan bayi kedalam incubator, incubator terlebih dahulu dihangatkan, sampai sekitar 29,4 0 C, untuk bayi dengan berat 1,7 kg dan 32,20C untuk bayi yang lebih kecil. Bayi dirawat dalam keadaan telanjang, hal ini memungkinkan pernafasan yang adekuat, bayi dapat bergerak tanpa dibatasi pakaian, observasi terhadap pernafasan lebih mudah.
4.      Pemberian oksigen
Ekspansi paru yang buruk merupakan masalah serius bagi bayi preterm BBLR, akibat tidak adanya alveoli dan surfaktan. Konsentrasi O2yang diberikan sekitar 30- 35 % dengan menggunakan head box, konsentrasi o2 yang tinggi dalam masa yang panjang akan menyebabkan kerusakan pada jaringan retina bayi yang dapat menimbulkan kebutaan
5.      Pencegahan infeksi
Bayi preterm dengan berat rendah, mempunyai system imunologi yang kurang berkembang, ia mempunyai sedikit atau tidak memiliki ketahanan terhadap infeksi. Untuk mencegah infeksi, perawat harus menggunakan gaun khusus, cuci tangan sebelum dan sesudah merawat bayi, memakai masker, gunakan gaun/jas, lepaskan semua asessoris dan tidak boleh masuk kekamar bayi dalam keadaan infeksi dan sakit kulit.
6.      Pemberian makanan
Pemberian makanan secara dini dianjurkan untuk membantu mencegah terjadinya hipoglikemia dan hiperbillirubin. ASI merupakan pilihan pertama, dapat diberikan melalui kateter ( sonde ), terutama pada bayi yang reflek hisap dan menelannya lemah. Bayi berat lahir rendah secara relative memerlukan lebih banyak kalori, dibandingkan dengan bayi preterm.
7.      Petunjuk untuk volume susu yang diperlukan
Umur/hari
Jmlh ml/kg BB
1
50- 65
2
100
3
125
4
150
5
160
6
175
7
200
14
225
21
175
28
150















F.     Pengkajian Fokus
1.      Sirkulasi :
Nadi apikal mungkin cepat dan atau tidak teratur dalam batas normal (120-160 dpm). Mur-mur jantung yang dapat didengar dapat menandakan duktusarteriosus paten (PDA).
2.      Makanan/cairan
Berat badan kurang 2500 (5lb 8 oz).
3.      Neuroensori
Tubuh panjang, kurus, lemas dengan perut agak gendut. Ukuran kepala besar dalam hubungannya dengan tubuh, sutura mungkin mudah digerakan, fontanel mungkin besar atau terbuka lebar. Edema kelopak mata umum terjadi, mata mungkin merapat(tergantung usia gestasi). Refleks tergantung pada usia gestasi ; rooting terjadi dengan baik pada gestasi minggu  32; koordinasi refleks untuk menghisap, menelan, dan bernafas biasanya terbentuk pada gestasi minggu ke 32; komponen pertama dari refleks Moro(ekstensi lateral dari ekstremitas atas dengan membuka tangan)tampak pada gestasi minggu ke 28; komponen keduaa(fleksi anterior dan menangis yang dapat didengar) tampak pada gestasi minggu ke 32.Pemeriksaan Dubowitz menandakan usia gestasi antara minggu 24 dan 37.
4.      Pernafasan
Skor apgar mungkin rendah. Pernafasan mungkin dangkal, tidak teratur; pernafasan diafragmatik intermiten atau periodik(40-60x/mt). Mengorok, pernafasan cuping hidung, retraksi suprasternal dan substernal, atau berbagai derajat sianosis mungkin ada. Adanya bunyi “ampelas” pada auskultasi, menandakan adaya sindrom distress pernafasan (RDS).
5.      Keamanan
Suhu berfluktuasi dengan mudah. Menangis mungkin lemah. Wajah mungkin memar, mungkin ada kaput suksedoneum. Kulit kemerahan atau tembus pandang, warna mungkin merah. muda/kebiruan, akrosianosis, atau sianosis/pucat. Lanugo terdistribusi secara luas diseluruh tubuh. Ekstremitas mungkin tampak edema. Garis telapak kaki mungkin tidak ada pada semua atau sebagian telapak. Kuku mungkin pendek.
6.      Seksualita
Genetalia : Labia minora wanita mungkin lebih besar dari labia mayora, dengan klitoris menonjol ; testis pria mungkin tidak turun, rugae mungkin banyak atau tidak ada pada skrotum.
(IDAI, 2004)

G.    Diagnosa Keperawatan
1.      Ketidakefektifan jalan napas berhubungan dengan penumpukan cairan di rongga paru
2.      Resiko hipotermi berhubungan dengan jaringan lemak subkotis tipis
3.      Resiko tinggi infeksi sekunder berhubungan dengan immaturitas fungsi imunologik.
4.      Resiko tinggi gangguan nutrisi : kurang dari kebutuhan tubuh berhubungan dengan lemahnya daya cerna dan absorbsi makanan.
(Ngastiyah, 2005)
H.    Intervensi Keperawatan

NO

TUJUAN

INTERVENSI

1.











2.











3.
















4.
Setelah mendapat tindakan keparawatan 3x24 jam tidak terjadi gangguan jalan nafas(nafas efektif)
Kriteria Hasil :
§  Akral hangat
§  Tidak ada sianosis
§  Tangisan aktif dan kuat
§  RR : 30-40x/mt
§  Tidak ada retraksi otot pernafasan



Setelah mendapatkan tindakan keperawatan 3x24 jam tidak terjadi gangguan hipotermi
Kriteria Hasil :
§  Badan hangat
§  Suhu : 36,5-37oC






Setelah mendapat tindakan keperawatan 3x24 jam tidak terjadi infeksi
Kriteria Hasil :
§  Tidak ada tanda-tanda infeksi(tumor,dolor,rubor,calor,fungsiolaesa)
§  Suhu tubuh normal (36,5-37oC)









Setelah tindakan keperawatan 3x24 jam tidak terjadi gangguan nutrisi
Kriteria Hasil :
§  Diet yang diberikan habis tidak ada residu
§  Reflek menghisap dan menelan kuat
§  BB meningkat 100 gr/3hr.
1.1.   Monitor pernafasan (kedalaman, irama, frekuensi )
1.2.   Atur posisi kepala lebih tinggi
1.3.   Monitor keefektifan jalan nafas, kalau kerlu lakukan suction.
1.4.   Lakukan auskultasi bunyi nafas tiap 4 jam
1.5.   Perthankan pemberian O2
1.6.   Pertahankan bayi pada inkubator dengan penghangat
1.7.   Kolaborasii untuk X foto thorax

2.1.   Pertahankan bayi pada inkubator dengan kehangatan 37oC
2.2.   Beri popok dan selimut sesuai kondisi
2.3.   Ganti segera popok yang basah oleh urine atau faeces
2.4.   Hindarkan untuk sering membuka penutup karena akan menyebabkan fluktuasi suhu dan peningkatan laju metabolisme
2.5.   Atur suhu ruangan dengan panas yang stabil
3.1.   Monitor tanda-tanda infeksi(tumor,dolor,rubor,calor,fungsiolaesa)
3.2.   Lakukan cuci tangan sebelum dan sesudah kontak dengan bayi
3.3.   Anjurkan kepada ibu bayi untuk memakai jas saat masuk ruang bayi dan sebelum dan/sesudah kontak cuci tangan
3.4.   Barikan gizi (ASI/PASI) secara adekuat
3.5.   Pastikan alat yang kontak dengan bayi bersih/steril
3.6.   Berikan antibiotika sesuai program
3.7.   Lakukan perawatan tali pusat setiap hari

4.1.   Kaji refleks menghisap dan menelan
4.2.   Monitor input dan output
4.3.   Berikan minum sesuai program lewat sonde/spin
4.4.   Sendawakan bayi sehabis minum
4.5.   Timbang BB tiap hari.




BAB III
TINJAUAN KASUS

A.    PENGKAJIAN
Pengkajian dilakukan pada tanggal 17 Oktober 2014 jam 08.00 WIB
1.      Identitas Data
a.       Nama                                : By. Ny. U
b.      Alamat                             : Jembangan Kec. Sukolilo Kab. Pati
c.       Tanggal Lahir/ Umur        : 16 Oktober 2014/ 1 Hari
d.      Jenis Kelamin                   : Perempuan
e.       Agama                              : Islam
f.       No. Register                     : 302468
g.      Tanggal Masuk/ Jam        : 16 Oktober 2014 jam 15.00
h.      Diagnosa Medis               : Neonatus Preterm, BBLSR, Asfiksia Berat,
  Neonatus Infeksius
Nama Penanggung Jawab
a.       Nama Ayah                      : Tn. W
b.      Pendidikan                       : SMA
c.       Pekerjaan                          : Wiraswasta
d.      Nama Ibu                         : Ny. U
e.       Pendidikan                       : SMA
f.       Pekerjaan                          : Ibu Rumah Tangga

2.      Keluhan Utama
Bayi menangis lemah, reflek hisap belum ada, berat bayi lahir sangat rendah yaitu 1060 gram.

3.      Riwayat Kesehatan Sekarang
Bayi lahir pada tanggal 16 oktober 2014 di RSUD Kota Semarang secara spontan diusia kehamilan 30 minggu dengan berat bayi lahir yaitu 1060 gram. Selain itu setelah lahir bayi tidak langsung menangis dengan nilai apgar score yaitu 4-5-6 (asfiksia sedang), oleh karena itu bayi sekarang dipindah keruang Perinatologi untuk mendapat tindakan lebih lanjut.

4.      Riwayat Kehamilan dan Kelahiran
a.       Pre Natal
Ibu klien mengatakan selama hamil memeriksakan kehamilannya di bidan tiap 2 bulan sekali. Selama kehamilan ditemukan riwayat penyakit kehamilan TORCH. G : 3 P : 1 A : 2.
b.      Intra Natal
Bayi lahir secara spontan di usia kehamilan 30 minggu, ditandai dengan ketuban pecah sebelum persalinan, lama persalinan 1 jam dan bayi lahir pada jam 14.45 WIB. Panjang lahir 34 cm dan berat lahir 1060 gram.
c.       Post Natal
Setelah kelahiran bayi sempat tidak menangis dan langsung dipasang kanul O2 dengan resusitasi selama 3 menit dengan nilai apgar score 4-5-6, keadaan lemah, nafas tidak teratur.

5.      Riwayat Kesehatan Keluarga
a.       Genogram
 









Keterangan          
= Laki-laki                                                = Pasien
= Perempuan                                 = Tinggal serumah
6.      Riwayat Sosial
a.       Yang Merawat
Saat ini klien diwarat diruang perinatologi dan dirawat oleh perawat dan sesekali ibu klien menjenguk saat jam kunjung rumah sakit.
b.      Hubungan dengan Keluarga

Ibu klien bisa mengunjungi, melihat, dan menyentuh bayinya saat berkunjung mskipun bayi dalam incubator, sedangkan ayahnya tidak boleh melihat bayinya karena sudah aturan dari pihak rumah sakit.

1.      Pola Sehari-hari
a.       Nutrisi dan Metabolisme
Saat ini pasien mendapat diit susu formula khusus BBLR 3 jam sekali sekitar 30 cc melalui selang OGT
b.      Eliminasi Urine dan Feses
Klien BAB ± 3-5x sehari dengan konsistensi warna hitam, lembek cair, bau khas feses bayi. BAK menggunakan pempers dan diganti setian 6 jam sekali dan terisi ± 100 cc
c.       Istirahat dan Tidur
Klien terlihat sering tidur dan bangun jika lapar dan merasa kotor setelah BAB dan BAK, rata-rata tidur per hari yaitu 20-22 jam
d.      Peran dan Hubungan
Keluarga mengatakan anak akan diasuh oleh orang tuanya sendiri, dan selama ini ibu bayi menengok keruang perinatologi
e.       Toleransi Stress dan Koping
Klien menangis saat merasa lapar, tidak nyaman, dan saat kotor

2.      Pemeriksaan Fisik
a.       Keadaan Umum               : Lemas, kurang aktif, menangis lemah,
  perawatan dalam inkubator
b.      Tanda-tanda Vital
-          Nadi                           : 132 x per menit
-          Pernafasan                  : 40 x per menit
-          Suhu                           : 36,2°C
c.       Antropometri
-          Panjang Badan           : 34 cm
-          Berat Lahir                 : 1060 gram
-          Lingkar Dada             : 26 cm
-          Lingkar Kepala          : 23 cm
d.      Kepala                              : Fontanel anterior lunak, wajah simetris,
  rambut hitam
e.       Mata                                 : Simetris antara kanan dan kiri, sclera tidak
  ikterik
f.       Hidung                             : Terpasang C-PAP Ventilator 2 lt/menit
g.      Mulut                               : Reflek hisap belum ada, terpasang selang
  OGT, mukosa kering
h.      Telinga                             : Simetris kanan dan kiri, tidak ada luka
i.        Dada                                : Tidak ada luka, warna kecoklatan
j.        Jantung                            
-          Inspeksi                      : Tampak ictus cordis
-          Palpasi                                    : Ictus cordis teraba dengan getaran
-          Perkusi                       : Tak terkaji
-          Auskultasi                  : BJ I & II regular, tidak terdengar gallop
k.      Paru                                 
-          Inspeksi                      : Gerakan pernafasan kanan-kiri simetris,
  RR : 40 x per menit
-          Palpasi                                    : Rabaan gerak pernafasan simetris
-          Perkusi                       : Redup/ Dullness
-          Auskultasi                  : Ronchi
l.        Abdomen                        
-          Inspeksi                      : Pusar insersi ditengah, buncit, terpasang
  infus umbilical
-          Auskultasi                  : Peristaltik usus 18 x per memit
-          Palpasi                                    : Lunak, tidak ada pembesaran hati/limfa
-          Perkusi                       : Tympani
m.    Punggung                         : Bentuk tulang belakang semi fleksi
n.      Genetalia                          : Jenis kelamin perempuan, labia mayora
  belum menutupi labia minora, anus paten
o.      Ekstremitas                     
-          Atas                            : Lengkap, tidak ada kelainan
-          Bawah                                    : Lengkap, tidak ada kelainan, kaki kanan
  terpasang SPO2, akral sedikit dingin
p.      Kulit                                 : Warna kulit coklat gelap, tidak ikterik,
  turgor kulit cukup
3.      Therapi
-          PO Ferlin drop 1x0.3cc
-          O2 nasal kanul 0.5 liter/menit
-          Susu formula BBLR 8x30cc/hari melalaui selang OGT
-          Termoregulasi incubator suhu 34°C
-          Infuse umbilical 5%

4.      Data Penunjang
Laboratorium tanggal 16-10-2014
Pemeriksaan
Hasil
Satuan
Nilai Normal
Hematologi



Hemoglobin
15.9
g/Dl
12.0-16.0
Hematokrit
49.50
%
37-47
Jumlah Eritrosit
4.14
/Ul
4.2-5.4
Jumlah Lekosit
24.7
/Ul
4.8-10.8
Jumlah Trombosit
249
10^3/ul
150-400
Kimia Klinik



Natrium
137.0
mmol/L
134.0-147.0
Kalium
5.30
mmol/L
3.50-5.20
Calsium
1.20
mmol/L
1.12-1.32



A.    ANALISA DATA
NO
DATA
PROBLEM
ETIOLOGI
1
DS  : -
DO :
-  Akral sedikit dingin
-  Lahir premature 30 minggu
-  BBLRS 1060 gram
-  Suhu tubuh 36,2°C
-  Perawatan dalam inkubator
Resiko hipotermi
Jaringan lemak subkotis tipis
2
DS  : -
DO :
-  Keadaan umum lemah
-  Lahir premature 30  minggu
-  BB 1060 gram
-  Suhu tubuh 36,2°C
-  Lekosit 24.7/uL
Resiko Infeksi
Prematuritas dan system imun yang tidak adekuat
3
DS  : -
DO :
-  Terpasang selang OGT
-  Reflek hisap lemah
-  BB 1060 gram
-  Terpasang infus umbilical D5%
Ketidakseimbangan nutrisi : kurang dari kebutuhan tubuh
Prematuritas, ketidakmampuan mengabsorbsi nutrisi
4
DS  : -
DO :
-  Terpasang ventilator 2lt/menit
-  RR 40x/menit
-  Perkusi paru dullness
-  Auskultsi paru ronkhi
Ketidakefektifan jalan  nafas
Penumpukan cairan di rongga paru

B.     DIAGNOSA KEPERAWATAN
NO
TANGGAL
DIAGNOSA KEPERAWATAN
PARAF
1
17/10/2014
Ketidakefektifan jalan nafas berhubungan dengan penumpukan cairan dirongga paru

2
17/10/2014
Resiko hipotermi berhubungan dengan jaringan subkotis tipis

3
17/10/2014
Ketidakefektifan nutrisi : kurang darin kebutuhan tubuh berhubungan dengan prematuritas, ketidakmampuan mengabsorbsi nutrisi

4
17/10/2014
Resiko infeksi berhubungan dengan Prematuritas dan system imun yang tidak adekuat



C.     INTERVENSI KEPERAWATAN
NO
DIAGNOSA KEPERAWATAN
INTERVENSI KEPERAWATAN
TT
TUJUAN
TINDAKAN
RASIONAL
1
Ketidakefektifan pola nafas berhubungan dengan penumpukan cairan dirongga paru, penurunan ekspansi paru
Setelah dilakukan tindakan keperawatan selama 3x24 jam jalan nafas adekuat, dengan kriteria hasil :
-     Pernafasan adekuat 16-30 x/menit
-     Perkusi paru sonor
-     Auskultasi vesikuler
-     Tidak ada penumpukan cairan di paru
-     Observasi TTV, cuping hidung, retraksi dada
-     Berikan terapi O2 2lt/menit
-     Posisikan klien semi fowler
-     Jaga kepatenan jalan nafas : suction
-     Sebagai acuan penatalaksanaan tindakan
-     Mensuplai O2 dalam tubuh
-     Memberikan rasa nyaman klien
-     Jalan nafas tidak ada sumbatan

2
Resiko hipotermi berhubungan dengan jaringan subkotis tipis
Setelah dilakukan tindakan keperawatan selama 3x24 jam hipotermi tubuh stabil , dengan kriteria hasil :
-     Suhu tubuh normal 36-37,5°C
-     Akral hangat
-     Bayi tidak menggigil
-Pantau suhu setiap 3 jam sekali


-Atur suhu incubator  sesuai indikasi
-Hindarkan bayi kontak langsung dengan sumber dingin/panas
-Ganti popok bila basah
-     Sebagai acuan penatalaksanaan tindakan
-     Mengikuti program yang dianjurkan





- Menjaga kenyamanan klien



3
Ketidakefektifan nutrisi : kurang dari kebutuhan tubuh berhubungan dengan prematuritas, ketidakmampuan mengabsorbsi nutrisi
Setelah dilakukan tindakan keperawatan selama 3x24 kebutuhan nutrisi terpenuhi , dengan kriteria hasil :
-     BB seimbang 2500-3500 gram
-     Reflek hisap kuat
-     Intake ASI adekuat
-     Monitor BB klien



-     Pasang selang OGT


-     Kaji kemampuan reflek hisap

-     Monitor asupan intake dan output cairan
-     Kolaborasi dengan ahli gizi untuk pemberian nutrisi
-     mengetahui perkembangan nutrisi bayi

-     membantu suplai nutrisi untuk tubuh
-     indikasi bayi mampu menyerap nutrisi
-     mengatur keseimbangan cairan pada klien

-     asupan nutrisi bayi bisa tercukupi

4
Resiko infeksi berhubungan dengan Prematuritas dan system imun yang tidak adekuat
Setelah dilakukan tindakan keperawatan selama 3x24 tidak terjadi infeksi, dengan kriteria hasil :
-     Tidak ada tanda tanda infeksi
-     Jumlah lekosit dalam batas normal 5000-10000
-     Pantau tanda gejala infeksi : suhu, lekosit, penurunan BB
-     Batasi jumlah pengunjung


-     Gunakan teknik aseptic selama berinteraksi dengan klien
-     Bersihkan incubator secara berkala

-     Berikan anti biotik sesuai advis dokter
-     Sebagai acuan penatalaksanaan tindakan


-     Memberi kenyamanan pada klien


-     Agar tidak terjadinya infeksi pada klien


-     Menjaga incubator tetap terjaga kebersihannya
-     Mencegah penyebaran infeksi








D.    IMPLEMENTASI KEPERAWATAN
NO DX
TANGGAL JAM
TINDAKAN
RESPON KLIEN
TT
1,2,3,4



1




1




2


3




4
17 Okt 2014
08.00



09.00




10.00




10.30


11.00




12.00

 - Mengobservasi ttv,cuping hidung retraksi dada


-Memberikan terapi O2 2ltr/menit




-Memposisikan semi fowler




-Memantau suhu klien

-Memonitor BB klien




-Membersihkan incubator secara berkala

S : -
O : Nadi : 132x/mnt , RR : 40x/mnt , S : 36,2

S : -
O : klien tampak terpasang ventilator O2 2ltr/mnt dengan SPO2 98%

S : -
O: klien tampak nyaman dengan posisi semi fowler

S : -
O : Suhu klien 36,2

S : -
O : BB : 1060 gram , LD : 26 cm , PB : 34cm , LK : 23cm

S : -
O : Incubator tampak bersih

3
14.00
-mengkaji reflek hisap
S : -
O : Reflek hisap klien tampak lemah
3
15.00
-memasang selang OGT
S : -
O : Terpasang selang OGT pada klien

3
18.00
-mengkolaborasi dengan ahli gizi untuk pemberian nutrisi
S : -
O : klien mendapat diit susu 30cc/OGT

1
18 oktober 2014
03.00
-     memberikan terapi O2 2lt/menit

S : -
O : klien tampak terpasang ventilator O2 2ltr/mnt dengan SPO2 88%

1
05.00
-     menjaga kepatenan jalan nafas : suction
S : -
O : Cairan dalam tabung suction tampak jernih

1,2,3,4
10.00
- mengobservasi ttv,cuping hidung retraksi dada
S : -
O : Suhu : 36°C Nadi : 100x/menit, RR : 48/menit


4
10.15
- memberikan anti biotik sesuai advis dokter
S : -
O : klien mendapat terapi PO Ferlin drop 1x0,3cc

3
12.00
-     mengkaji kemampuan reflek hisap

S : -
O : reflek hisapklien masih tampak lemah

2
13.00
-     mengatur suhu incubator sesuai indikasi
S : -
O : Terlihat suhu incubator klien 34oC

4
17.00
-     membatasi jumlah pengunjung

S :-
O : tampak hanya ada satu pengunjung di ruangan

3
17.30
-     Memonitor asupan intake dan output cairan
S : -
O : terlihat diit yang diberikan habis, tidak ada residu

3
20.00
- mengkolaborasi dengan ahli gizi untuk pemberian nutrisi
S : -
O : klien mendapat diit susu BBLR 30cc/OGT

1,2,3,4
19 oktober 2014
10.00
- mengobservasi ttv,cuping hidung retraksi dada

S : -
O : suhu : 36,4oC , nadi : 100x/menit RR : 45x/menit

1
10.20
- Memberikan terapi O2 2ltr/menit
S : -
O : klien masih tampak terpasang ventilator O2 2ltr/mnt dengan SPO2 90%

2
12.00
- Mengganti popok bila basah
S : ( klien menangis)
O : klien tampak menangis saat popoknya diganti

4
12.15
-     menggunakan teknik aseptic selama berinteraksi dengan klien



4
12.40
-     memberikan anti biotik sesuai advis dokter
S : -
O : klien terpasang infus umbilical 5% dengan teraphi PO Ferlin drop 1x0,3cc

3
14.00
-     mengkolaborasi dengan ahli gizi untuk pemberian nutrisi
S : -
O : klien masih terpasang OGT dengan diit 30cc









E.     EVALUASI
NO DX
TANGGAL JAM
EVALUASI
TT
1








2









3










4









 


1








2









3









4










 


1









2










3










4
17-10-2014
14.00







14.00









14.00










14.00










18-10-2014
14.00







14.00









14.00









14.00











19-10-2014
14.00








14.00










14.00










14.00
S : -
O : Klien tampak terpasang ventilator O2 2ltr/mnt dengan SPO2 98% , auskultasi paru : ronchi
A : Masalah teratasi sebagian
P : Lanjutkan intervensi
-          Berikan terapi O2 2lt/m
-          Jaga kepatenan jalan napas (suction)
-          Observasi ttv,cuping hidung,retraksi dada
-          Posisikan klien semi fowler

S : -
O : Suhu : 36,2
A : Masalah belum teratasi
P : Lanjutkan intervensi
-          Atur suhu incubator sesuai indikasi
-          Pantau suhu setiap 3 jam sekali
-          Ganti popok bila basah
-          Hindarkan bayi kontak langsung dengan sumber dingin/panas

S : -
O : BB : 1060gram
A : Masalah belum teratasi
P : Lanjutkan intervensi
-          Monitor BB klien
-          Monitor asupan intake dan output cairan
-          Kaji kemampuan reflek hisap
-          Pasang selang OGT
-          Kolaborasi  dengan ahli gizi untuk pemberian nutrisi

S : -
O :  Hasil leukosit klien 24.7
A : Masalah belum teratasi
P : Lanjutkan intervensi
-          pantau tanda gejala infeksi suhu , lekosit, penurunan BB
-          berikan antibiotic sesuai advis dokter
-          batasi jumlah pengunjung
-          gunakan tekhnik aseptic selama berinteraksi dengan klien

 S : -
O : Cairan dalam tabung suction tampak jernih
A : Masalah teratasi sebagian
P : Lanjutkan intervensi
-          Berikan terapi O2 2lt/m
-          Jaga kepatenan jalan napas (suction)
-          Observasi ttv,cuping hidung,retraksi dada
-          Posisikan klien semi fowler

S : -
O : Suhu : 36oC
A : Masalah belum teratasi
P : Lanjutkan intervensi
-          Atur suhu incubator sesuai indikasi
-          Pantau suhu setiap 3 jam sekali
-          Ganti popok bila basah
-          Hindarkan bayi kontak langsung dengan sumber dingin/panas

S : -
O : Klien tampak masih terpasang OGT dengan diit 30cc
A : Masalah belum teratasi
P : Lanjutkan intervensi
-          Monitor BB klien
-          Monitor asupan intake dan output cairan
-          Kaji kemampuan reflek hisap
-          Kolaborasi dengan ahli gizi untuk pemberian nutrisi

S : -
O : Leukosit 24.7
A : Masalah belum teratasi
P : Lanjutkan intervensi
-          pantau tanda gejala infeksi suhu , lekosit, penurunan BB 
-          berikan antibiotic sesuai advis dokter
-          gunakan teknik aseptic selama berinteraksi dengan klien
-          bersihkan incubator secara berkala


S : -
O : Klien tampak terpasang ventilator O2 2ltr/mnt dengan SPO2 90% , auskultasi : ronchi
A : Masalah teratasi
P : Lanjutkan intervensi
-          Berikan terapi O2 2lt/
-          Jaga kepatenan jalan napas (suction)
-          Observasi ttv,cuping hidung,retraksi dada
-          Posisikan klien semi fowler


S :-
O : Suhu 36,4oC
A :  Masalah teratasi sebagian
P : Lanjutkan intervensi
-          Atur suhu incubator sesuai indikasi
-          Pantau suhu setiap 3 jam sekali
-          Hindarkan bayi kontak langsung dengan sumber dingin/panas
-          Ganti popok bila basah


S :-
O : Klien tampak masih terpasang infus umbilikel 5%
A : Masalah belum teratasi
P : Lanjutkan intervensi
-          Monitor BB klien
-          Monitor asupan intake dan output cairan
-          Kaji kemampuan reflek hisap
-          Pasang selang OGT
-          Kolaborasi dengan ahli gizi untuk pemberian nutrisi

S :
O : Hasil leukosit 24,7
A : Masalah belum teratasi
P : Lanjutkan intervensi
-          pantau tanda gejala infeksi suhu , lekosit, penurunan BB 
-          berikan antibiotic sesuai advis dokter
-          batasi jumlah pengunjung
-          gunakan teknik aseptic selama berinteraksi dengan klien
-          bersihkan incubator secara berkala








BAB IV
PEMBAHASAN

Pada bab ini kelompok akan melakukan pembahasan tentang kesenjangan antara tinjauan teori dan praktik pada kasus Asuhan Keperawatan pada By. Ny. U dengan BBLR, Asfiksia di Ruang Nakula IV RSUD Kota Semarang. Pembahasan ini terdiri dari pengkajian, diagnosa, intervensi, implementasi dan evaluasi. kelompok akan membahas secara lengkap dari pengkajian sampai evaluasi yang dilakukan pada tanggal 17 Oktober - 19 Oktober 2014.

Diagnosa yang muncul


            Penulis melakukan pengkajian pada hari selasa tanggal 17 Oktober 2014 pada pukul 08.00 WIB diruang Nakula IV RSUD Kota Semarang. Pada bab pembahasan ini kelompok akan melakukan penjelasan tentang Asuhan Keperawatan Pada By. Ny. U dengan Diagnosa BBLR, Asfiksia. kelompok akan menjelaskan tentang perbandingan hasil penatalaksanaan dengan teori serta dilakukan penekanan mekanisme apa yang sama dan apa yang berbeda.
Dari teori diatas,terdapat kesesuaian antara teori dan praktek. Ini didukung oleh data pasien yang menunjukkan pada Riwayat Penyakit Sekarang Bayi menangis lemah, reflek hisap belum ada, berat bayi lahir sangat rendah yaitu 1060 gram.
Dari masalah yang dialami klien, kelompok menetapkan 4 diagnosa untuk mengatasi masalah yang klien rasakan yaitu yang pertama Ketidakefektifan pola nafas berhubungan dengan penumpukan cairan dirongga paru, penurunan ekspansi paru, yang kedua Resiko hipotermi berhubungan dengan jaringan subkotis tipis, yang ketiga Ketidakefektifan nutrisi : kurang dari kebutuhan tubuh berhubungan dengan prematuritas, ketidakmampuan mengabsorbsi nutrisi, dan yang ke empat Resiko infeksi berhubungan dengan Prematuritas dan system imun yang tidak adekuat
Diagnosa Prioritas utama yang kelompok ambil adalah Ketidakefektifan pola nafas berhubungan dengan penumpukan cairan dirongga paru, penurunan ekspansi paru

1.      Ketidakefektifan jalan nafas berhubungan dengan penumpukan cairan dirongga paru.
Menurut buku diagnosa Nanda tahun 2012, Ketidakefektifan jalan nafas berhubungan dengan penumpukan cairan di rongga paru adalah ketidakmampuan untuk membersihkan secret atau obstruksi saluran nafas guna mempertahankan jalan nafas yang bersih. Pada bayi prematur dan bblr biasanya sistem pernafasan belum matang sehingga pernafasan belum sempurna ditambah ketuban pecah sebelum kelahiran beresiko masuk kedalam paru bayi yang berakibat pada saat pemeriksaan fisik paru akan didapatkan  suara ronchi.

Batasan karakteristik : dispnea, suara nafas tambahan (ronchi atau weezing), perubahan pada irama dan frekuensi pernafasan sianosis, penurunan suara nafas, sputum berlebih, gelisah serta mata terbelalak.
Intervensi yang kelompok ambil yaitu: Observasi TTV : cuping hidung, retraksi dada, Berikan terapi O2 2lt/menit, Posisikan klien semi fowler, Jaga kepatenan jalan nafas : suction Kemudian implementasi yang kelompok lakukan sesuai dengan intervensi selama 3 hari 3x24 jam adalah: mengobservasi TTV : cuping hidung, retraksi dada, memberikan terapi O2 2lt/menit, memposisikan klien semi fowler, menjaga kepatenan jalan nafas : suction Dari intervensi dan implementasi yang telah dilakukan, kelompok mendapatkan evaluasi pada hari ke 3 tanggal 19 oktober 2014 pukul 14.00 yaitu: dari data objektif klien masih menangis lemah, RR 44x/ menit, SPO2 98%.
1.      Resiko hipotermi berhubungan dengan jaringan lemak subkotis tipis
Menurut buku diagnosa Nanda tahun 2012, hipotermi berhubungan dengan jaringan  lemak subkotis tipis adalah suhu tubuh dibawah rentang normal akibat jaringan lemak dibawah subkutis sangat tipis. Karena cadangan lemak di subkutis pada bayi prematur dan bblr kurang, maka tubuh tidak dapat menyimpan panas yang berakibat mudah kehilangan panas sehingga menyebabkan hipotermi. Batasan karakteristik : kulit dingin, bantalan kuku sianosis, hipertensi, pucat, merinding, penurunan suhu dibawah rentang normal, menggigil, pengisian ulang kapiler lambat, takikardia.
Intervensi yang kelompok ambil yaitu : Pantau suhu setiap 3 jam sekali, Atur suhu incubator  sesuai indikasi, Hindarkan bayi kontak langsung dengan sumber dingin/panas, Ganti popok bila basah. Kemudian implementasi yang kelompok lakukan, sudah sesuai dengan intervensi  dan dilaksanakan selama 3x24 jam.
Dari intervensi dan implementasi yang telah dilakukan, kelompok mendapatkan evaluasi pada hari ke 3 tanggal 19 oktober 2014 pukul 14.00 yaitu : dari data subjektif ditemukan data Suhu 36,4Oc

2.      Ketidakefektifan nutrisi : kurang dari kebutuhan tubuh berhubungan dengan prematuritas, ketidakmampuan mengabsorbsi nutrisi
Menurut buku diagnosa Nanda tahun 2012, Ketidakefektifan nutrisi : kurang dari kebutuhan tubuh berhubungan dengan prematuritas, ketidakmampuan mengabsorbsi nutrisi adalah Asupan nutrisi tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan metabolic. Pada bayi prematur dan bblr biasanya ditemukan reflek menelan dan hisap yang belum sempurna sehingga intake nutrisi yang dibutuhkan tubuh menjadi terganggu, maka terjadilah ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh.
Batasan     karakteristik    menolak makan, kurangnya makanan, diare, bising usus hiperaktif, kurangnya minat terhadap makanan,membrane mukosa pucat. Intake tidak adekuat menyebabkan nutrisi kurang karena apabila masukan makanan klien tidak adekuat maka nutrisi yang masuk tidak mencukupi untuk kebutuhan metabolismenya sehingga terjadi kekurangan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh. Data yang terdapat dalam teori dan data yang diperoleh dari klien  terdapat kesesuain atau tidak ditemukan kesenjangan, hal ini dibuktikan dengan data  refles hisap pada klien belum ada, dank lien hanya bisa mengabsorbsi nutrisi melalui selang OGT. Diagnosa tersebut menjadi prioritas ketiga karena Apabila kebutuhan nutrisi kurang terus menerus dan tidak segera ditangani pasien akan menimbulkan penurunan penyaluran oksigen ke jaringan karena Hb terus menurun.
Intervensi yang kelompok ambil yaitu : Monitor BB klien, Pasang selang OGT, Kaji kemampuan reflek hisap, Monitor asupan intake dan output cairan, Kolaborasi dengan ahli gizi untuk pemberian nutrisi dan kelompok sudah melakukan implementasi sesuai dengan intervensi selama 3x24 jam.
Dari intervensi dan implementasi yang telah dilakukan, kelompok mendapatkan evaluasi pada hari ke 3 tanggal 19 oktober 2014 pukul 14.00 yaitu: reflek hisap bayi masih lemah, selang OGT masih terpasang

3.      Resiko infeksi berhubungan dengan Prematuritas dan system imun yang tidak adekuat
Menurut buku diagnose NANDA 2012, Resiko infeksi berhubungan dengan Prematuritas dan system imun yang tidak adekuat adalah beresiko terhadap invasi organisme pathogen. Karena pada bayi prematur dan bblr sistem imun sebagai pertahanan atau kekebalan tubuh yang belum adekuat akan menyebabkan mudahnya virus/bakteri akan masuk kedalam tubuh dan terjadilah infeksi. Pada data pengkajian ditemukan tanda-tanda resiko infeksi pada klien meliputi : kadar leukosit diatas normal yaitu 24,7/uL.
Batasan Kharakteristik : penekanan system imun, pertahanan sekunder yang tidak memadai (HB turun Leukositopenia, dan supresi respon inflamasi), malnutrisi, ketuban pecah, kerusakan jaringan,trauma.
Intervensi yang kelompok ambil yaitu : Pantau tanda gejala infeksi : suhu, lekosit, penurunan BB, Batasi jumlah pengunjung, Gunakan teknik aseptic selama berinteraksi dengan klien, Bersihkan incubator secara berkala, Berikan anti biotik sesuai advis dokter dan kelompok sudah melakukan implementasi sesuai intervensi selama 3x24 jam.
Dari intervensi dan implementasi yang telah dilakukan, kelompok mendapatkan evaluasi pada hari ke 3 tanggal 19 oktober 2014 pukul 14.00 yaitu: dari data  subyektif kadar lekosit 24.7


BAB V
PENUTUP

A.    Kesimpulan

Penulis menguraikan beberapa kesimpulan pada pada bayi dengan berat lahir yaitu : bayi berat lahir rendah (BBLR) adalah bayi dengan berat lahir kurang dari 2500 gram, tanpa memandang masa gestasi, berat lahir rendah adalah yang ditimbang dalam 1 (satu) jam setelah bayi lahir
Penanganan bayi dengan berat badan lahir rendah bergantung pada besara kecilnya bayi. Semakin kecil bayi dan semakin premature bayi, maka semakin besar perawatan yang diperlukan, karena kemungkinan terjadi serangan sianosis lebih besar. Semua perawatan bayi harus dilakukan didalam incubator. Bayi dengan berat lahir rendah, mempunyai kesulitan dalam mempertahankan suhu tubuh. Bayi akan berkembang secara memuaskan, asal suhu rectal dipertahankan antara 35,50 C s/d 370 C.. Bayi berat rendah harus diasuh dalam suatu suhu lingkungan dimana suhu normal tubuhnya dipertahankan dengan usaha metabolic yang minimal. Bayi berat rendah yang dirawat dalam suatu tempat tidur terbuka, juga memerlukan pengendalian lingkungan secara seksama. Suhu perawatan harus diatas 25 0 C, bagi bayi yang berat sekitar 2000 gram, dan sampai 300 C untuk bayi dengan berat kurang dari 2000 gram. Bayi dengan berat badan lahir rendah, dirawat didalam incubator. Prosedur perawatan dapat dilakukan melalui “jendela“ atau “lengan baju“. Sebelum memasukkan bayi kedalam incubator, incubator terlebih dahulu dihangatkan, sampai sekitar 29,4 0 C, untuk bayi dengan berat 1,7 kg dan 32,20C untuk bayi yang lebih kecil. Bayi dirawat dalam keadaan telanjang, hal ini memungkinkan pernafasan yang adekuat, bayi dapat bergerak tanpa dibatasi pakaian, observasi terhadap pernafasan lebih mudah.

Ekspansi paru yang buruk merupakan masalah serius bagi bayi preterm BBLR, akibat tidak adanya alveoli dan surfaktan. Konsentrasi O2yang diberikan sekitar 30- 35 % dengan menggunakan head box, konsentrasi o2 yang tinggi dalam masa yang panjang akan menyebabkan kerusakan pada jaringan retina bayi yang dapat menimbulkan kebutaan. Bayi preterm dengan berat rendah, mempunyai system imunologi yang kurang berkembang, ia mempunyai sedikit atau tidak memiliki ketahanan terhadap infeksi. Untuk mencegah infeksi, perawat harus menggunakan gaun khusus, cuci tangan sebelum dan sesudah merawat bayi, memakai masker, gunakan gaun/jas, lepaskan semua asessoris dan tidak boleh masuk kekamar bayi dalam keadaan infeksi dan sakit kulit.

Pemberian makanan secara dini dianjurkan untuk membantu mencegah terjadinya hipoglikemia dan hiperbillirubin. ASI merupakan pilihan pertama, dapat diberikan melalui kateter ( sonde ), terutama pada bayi yang reflek hisap dan menelannya lemah. Bayi berat lahir rendah secara relative memerlukan lebih banyak kalori, dibandingkan dengan bayi preterm.


B.     Saran

-          Diharapkan kepada mahasiswa khususnya mahasiswa keperawatan agar dapat mengerti, memahami dan dapat menjelaskan tentang BBLR baik dari pengertian, patofisiologi, etiologi, manifestasi klinis maupun pencegahan serta penerapan asuhan keperawatannya.
-          Mahasiswa diharapkan lebih banyak menggali kembali tentang BBLR. Ilmu yang didapatkan dapat diterapkan dalam kehidupan masyarakat.
-          Diharapkan kepada tim kesehatan maupun mahasiswa keperawatan untuk lebih meningkatkan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat mengenai pencegahan bayi BBLR.


DAFTAR PUSTAKA

Ngastiyah.  2005. Perawatan Anak Sakit. Edisi 2. Jakarta : EGC.
Prawirohardjo, Sarwono. 2005. ILMU KEBIDANAN. Jakarta : YBP-SP.
Indrasanto Eriyati. Dkk. 2008. Paket Pelatihan Pelayanan Obstetri dan Neonatal Emergency Komprehensif (PONEK) : Asuhan Neonatal Esensial. Jakarta : JNPK, KR, IDAI, POGI.
Judith M. Wilkinson & Nancy R. Ahern. 2012. Buku Saku Diagnosis Keperawatan. Edisi 9. Jakarta : EGC.
Suriyadi, Yuliani. 2006. Buku Pegangan Praktik Asuhan Keperawatan Pada Anak. Ed.2. Jakarta : CV. Agung Seto.
Potter, P. A, Perry, A. G. 2005. Buku Ajar Fundamental Keperawatan : Konsep, Proses, dan Praktik. Ed.4 Vol.2. Jakarta : EGC.




Keyword :
asuhan keperawatan anak bblr, asuhan keperawatan anak dengan bblr, asuhan keperawatan pada anak bblr, asuhan keperawatan pada anak dengan bblr, asuhan keperawatan anak bblr, asuhan keperawatan anak dengan bblr, asuhan keperawatan pada anak bblr, asuhan keperawatan pada anak dengan bblr, asuhan keperawatan bblr doc asuhan keperawatan bblr asuhan keperawatan bblr pdf asuhan keperawatan bblr aplikasi nanda asuhan keperawatan bblr scribd asuhan keperawatan bblr lengkap asuhan keperawatan bblr nic noc asuhan keperawatan bblr ppt asuhan keperawatan bblr aplikasi nanda nic noc askep bblr aplikasi nanda nic noc askep bblr asfiksia askep bblr adalah askep bblr analisa data askep bblr anak asuhan keperawatan bblr aplikasi nanda asuhan keperawatan anak bblr askep bblr asfiksia sedang askep bblr bayi berat rendah askep bblr bayi askep bayi bblr pdf asuhan keperawatan bayi bblr asuhan keperawatan bblr doc askep bblr di ruang perinatologi askep bblr dengan asfiksia askep bblr doc askep bblr download askep bblr dengan hipotermi askep bblr dengan hiperbilirubin askep bblr dan prematur askep bblr dengan prematur askep bblr dengan asfiksia sedang askep bblr gemeli askep gadar bblr askep bblr hipotermi askep bblr hiperbilirubinemia askep bblr iugr askep kasus bblr askep keluarga bblr askep keperawatan bblr askep kebidanan bblr askep konsep bblr askep kti bblr asuhan keperawatan kasus bblr askep bblr lengkap askep bblr lengkap dengan rasional asuhan keperawatan bblr lengkap askep lp bblr askep bblr menurut nanda nic noc askep bblr menurut nanda askep bblr menurut who askep bblr menurut nic noc askep maternitas bbl askep bblr nanda nic noc askep bblr nic noc askep bblr nicu askep bblr neonatus askep bblr nanda askep bblr normal askep bblr nanda nic noc pdf asuhan keperawatan bblr nic noc askep nyata bblr askep pada bblr pdf askep bblr pdf askep bblr prematur askep bblr pada bayi askep bblr pada bayi pdf askep bblr ppt askep bblr pada bayi prematur askep bblr pada bayi ny askep bblr prematur murni askep bblr pengkajian askep bblr resiko infeksi askep bblr scribd asuhan keperawatan bblr scribd askep bbl sc askep bblr terbaru askep teori bblr askep teoritis bblr askep tentang bblr asuhan keperawatan teoritis bblr asuhan keperawatan teori bblr asuhan keperawatan tentang bblr askep bblr word askep bblr 2014 askep bblr 2010 askep bblr 2015 asuhan keperawatan anak bblr asuhan keperawatan bayi bblr diagnosa keperawatan bayi bblr asuhan keperawatan dengan bblr asuhan keperawatan kasus bblr diagnosa keperawatan bblr menurut nanda asuhan keperawatan neonatus bblr diagnosa keperawatan bblr nanda nic noc asuhan keperawatan bblr prematur asuhan keperawatan bblr pada bayi asuhan keperawatan pada bblr pdf diagnosa keperawatan bblr pdf asuhan keperawatan pasien bblr makalah asuhan keperawatan bblr pdf asuhan keperawatan teoritis bblr asuhan keperawatan teori bblr asuhan keperawatan tentang bblr diagnosa keperawatan untuk bblr Obat Hernia Cara Mengobati Buah Zakar Besar Sebelah CaraMengobatiHerniapadaBayi Obat Hidrokel Obat Herbal Hernia Obat Turun Berok Obat Hernia Bayi Obat Hernia Anak Obat Hidrokel Anak Cara Menyembuhkan Hidrokel Baja Ringan Tangerang Penjual Baja Ringan di Tangerang ASKEP ANEMIA ASKEP ASMA BRONKIAL Apa Hukum Cadar Menurut 4 Madzhab.?